Post Page Advertisement [Top]

Kenapa Rumah Subsidi Murah



Rumah Murah, Bandar Lampung  -  Perumahan Bersubsidi merupakan program pemerintah yang memungkinkan masyarakat berpenghasilan rendah memiliki tempat tinggal sendiri. Jika Anda melunasi rumah , Anda akan menerima property yang nilainya akan terus meningkat dari tahun ke tahun dan tidak pernah kehilangan uang. Membeli rumah bukanlah gengsi untuk dipuaskan, melainkan kebutuhan primer yang dapat membuat hidup Anda lebih mudah dan lebik baik dari sebelumnya. Anda tidak bisa berpikir bahwa memebeli rumah adalah hal yang sulit untuk dilakukan.  


Ada beberapa alasan mengapa rumah bersubsidi dapat dibangun lebih murah daripada harga pasar rumah yang dibiayai swasta.

 

  1. Pertama, negara mendukung pembangunan rumah bersubsidi. Subsidi ini bisa berasal dari APBN atau APBD dan digunakan untuk menekan biaya pembangunan rumah. 

  2. Kedua, perumahan subsidi biasanya dibangun di atas tanah milik pemerintah atau swasta yang secara khusus diperuntukkan bagi program perumahan subsidi. Dengan cara ini Anda dapat menghemat biaya akuisisi properti yang biasanya mahal.

  3. Ketiga, perumahan bersubsidi kebanyakan menggunakan bahan yang lebih sederhana dan murah seperti batu bata, semen atau bata tanah liat. Selain itu, konsep rumah bersubsidi biasanya lebih sederhana daripada rumah yang dibiayai swasta, sehingga biaya konstruksi dapat dihemat.


Meski harga rumah bersubsidi lebih rendah, bukan berarti kualitas rumah tersebut tidak bagus. Pembangunan rumah bersubsidi harus tetap memenuhi syarat mutu yang ditetapkan oleh negara, seperti kelayakan struktur, kesehatan lingkungan, dan kelengkapan dasar yang memadai. Selain itu, rumah subsidi ditawarkan dalam berbagai tipe dan ukuran sehingga masyarakat dapat memilih rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialnya. 


Perbedaan Rumah Subsidi dan Rumah Komersial

Setiap rumah dibuat dengan spesifikasi yang berbeda. Ada beberapa perbedaan antara rumah bersubsidi dan rumah komersial yang harus Anda ketahui sebelumnya. Beberapa perbedaan antara rumah komersial dan rumah subsidi adalah sebagai berikut:

Rumah Komersial : 

  • Bangunan komersial biasanya dijual dengan harga yang relatif lebih tinggi tanpa potongan harga. 

  • Ukuran rumah lebih variatif dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan atau budget Anda.

  • Bangunan rumah komersial biasanya memiliki berbagai fasilitas tambahan seperti taman bermain, kolam renang atau clubhouse di sekitar Perumahan.

  • Sesuai dengan anggaran Anda, Anda dapat dengan mudah menemukan bangunan komersial di mana saja.

  • Anda diperbolehkan melakukan renovasi rumah komersial, selama tidak mempengaruhi tatanan rumah susun yang Anda tempati. 


Rumah Subsidi :

  • Harga rumah bersubsidi lebih murah karena didukung oleh negara.

  • Ukuran rumah yang didukung maksimal adalah 36 m2 atau disebut juga rumah tipe 36.

  • Perumahan bersubsidi biasanya terbatas waktunya tanpa ada keistimewaan khusus.

  • Lokasi rumah bersubsidi biasanya berada di pinggiran dan cukup jauh untuk dijangkau.

  • Apartemen bersubsidi tidak dapat diubah atau direnovasi setidaknya selama 2 tahun setelah pindah. 


Dalam hal ini peran negara dalam pelaksanaan program bantuan perumahan ini sangat penting. Pemerintah harus dapat memastikan program berjalan dengan baik dan terus berkembang sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Singkatnya, rumah bersubsidi lebih murah untuk dibangun karena subsidi pemerintah, penggunaan kavling khusus dan bahan serta desain yang lebih sederhana. Namun, kualitas rumah bersubsidi harus memenuhi persyaratan pemerintah. Program rumah bersubsidi ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan di Indonesia.  


No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]