Post Page Advertisement [Top]

Manfaat Sertifikat Rumah, Apa Bisa Jadi Modal Usaha

 Rumah Murah, Bandar Lampung  - Semua orang yang memiliki aset properti harus memiliki pendaftaran tanah. Selain alasan hukum, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari sertifikat tanah. Biasanya, semua pemilik bangunan atau properti sudah memiliki catatan dalam pendaftaran tanah. Namun, sebagian orang tidak memahami isi, fungsi dan kegunaannya. Dokumen hukum hanya dikenal sebagai akta kepemilikan tanah, tidak lebih. Padahal, banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari sertifikat ini. Ciri dan manfaat sertifikat tanah tidak hanya berkaitan dengan masalah tanah. 



Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Isi penting dari sertifikat properti

Sertifikat sertifikat properti terdiri dari beberapa halaman. Setiap lembar berisi informasi penting tentang tanah atau properti yang Anda miliki. Isi utama dari bukti kepemilikan properti tercantum di bawah ini. Anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk membedakan antara huruf asli dan palsu. 

  1. Hal Pertama 

Pada lembar pertama Anda akan melihat tulisan Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia beserta logonya. Anda juga akan menerima nomor registrasi di halaman ini. Nomor pendaftaran adalah tanggal penerbitan sertifikat hak milik atas tanah.


  1. Hal Kedua

Tulisan Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia masih dapat dilihat di halaman ini. Halaman dua juga memberikan informasi tentang nomor judul dan deskripsi wilayah. 


  1. Hal Ketiga

Pada lemar sertifikat berikutnya Anda akan melihat informasi sampul

  • nama,

  • tanggal lahir,

  • akta pendirian pemilik tanah,

  • NIB (Nomor Induk Bidang),

  • letak tanah,

  • asal hak tanah,

  • konversi,

  • pemberian hak, dan

  • pemecahan/penggabungan/pemisahan bidang.

Lembar ini juga menunjukan tanda tangan penjabat dan kepala kantor kabupaten/kota BPN.

  1. Hal Keempat

Isi lembar ini kosong untuk diisi nanti ketika ada peralihan jual beli, hadiah atau warisan.


  1. Hal Kelima

Kemudian lembar kelima memuat nomor surat dan dimensi surat beserta informasi lainnya. Halaman ini juga memuat kondisi tanah, peta, definisi tanah dan batas-batas tanah. 


  1. Hal Keenam

Di halaman berikutnya adalah gambar pengukuran tanah dan properti yang diukur oleh BPN. Konten halaman ini harus melewati 2 pemeriksaan agar tidak ada masalah dengan transisi.


  1. Hal Ketujuh

Pada halaman terakhir Anda akan menemukan deskripsi dari masing-masing dokumen pengukuran. Tanggal surat survei dan nama pengawas survei, bagian peta dan bagian survei juga tercantum di sini.  


Manfaat Sertifikat Kepemilikan Tanah

Pentingnya dokumen ini dijelaskan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan A Djalil.

Alasan pertama adalah keamanan yang dapat dijamin oleh undang-undang dan alasan kedua adalah untuk meminta modal. Ya, pemerintah sudah lama mengizinkan sertifikat sebagai agunan pinjaman korporasi. Sertifikat Tanah dapat menjadi sarana untuk mengajukan modal dalam Kredit Usaha Rakyat (KUR). “Bila akta tanah dapat digunakan dengan benar, maka dokumen tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Sofyan.

Sofyan menambahkan, pemerintah harus siap mendukung sertifikasi negara. Pemerintah dapat memberikan bantuan melalui program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL). 


No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]