Post Page Advertisement [Top]

Berapasih ukuran rumah ideal buat keluarga?


Rumah Murah - Sangat penting untuk mempertimbangkan ukuran ruangan saat membangun rumah. Ukuran rumah yang ideal akan memberikan dampak positif, terutama dengan mempermudah kegiatan bersih-bersih. Rumah yang terlalu sempit justru akan membatasi pergerakan penghuninya. Sebaliknya, rumah yang terlalu besar juga akan bermasalah jika hanya ada satu atau dua orang di dalamnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan perhitungan pengukuran tinggi badan ideal menurut jumlah penduduk dan aktivitas. Tapi bagaimana Anda mengukur luas ideal sebuah rumah? 

Khalawi Abdul Hamid, Direktur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mengatakan batas minimal ruangan adalah 7,2 meter persegi per orang. Menurut Khalawi, hal itu diatur dalam Buku Metadata Sustainable Development Goals (SDGs) dan Keputusan Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kepmen Kimpraswil) Nomor 403/KPTS/M/2002 tentang Pedoman Teknis Pembangunan Rumah Sederhana Sehat.

Dalam ulasan Ciptakarya.pu.go.id dijelaskan bahwa kebutuhan ruang setiap orang dihitung berdasarkan aktivitas dasar manusia di dalam rumah. Aktivitas penghuni rumah meliputi tidur, makan, bekerja, duduk, mandi, mandi dan memasak serta ruang gerak lainnya. Berdasarkan hasil riset, ambang batas standar kebutuhan ruang untuk setiap orang Indonesia minimal 7,2 meter persegi. Jadi, untuk membangun rumah yang mampu menampung tiga orang, dibutuhkan luas bangunan minimal 21,6 meter persegi. Sedangkan jika rumah dihuni 4 orang maka luas bangunan minimal 28,8m2. Namun, peraturan tersebut juga menyatakan bahwa orang Indonesia pada umumnya membutuhkan sekitar 9 meter persegi per orang. Jadi, untuk membangun rumah yang mampu menampung tiga orang, dibutuhkan luas bangunan minimal 27 meter persegi. Sedangkan untuk membangun rumah yang mampu menampung 4 orang dibutuhkan luas minimal 36m2.

Berkaitan dengan perhitungan tersebut, pengklasifikasian rumah yang ideal membutuhkan luas yang sangat banyak dari minimal 60 meter persegi hingga 200 meter persegi. Luas rumah idaman atau disebut rumah sehat sederhana memungkinkan penghuninya hidup sehat dan mengatur aktivitas sehari-hari dengan baik. Persyaratan ruang minimal pada rumah sehat sederhana harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  •        Kebutuhan ruang per orang
  •        Kebutuhan ruang per Kepala Keluarga (KK)
  •        Kebutuhan ruang bangunan per Kepala Keluarga (KK)
  •        Kebutuhan ruang per unit bangunan 

Selain ukuran tempat tinggal, rumah juga harus memenuhi syarat kesehatan dan kenyamanan ditinjau dari ukuran tiga hal penting, yaitu pencahayaan, ventilasi, serta suhu dan kelembapan udara dalam ruangan.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]