Post Page Advertisement [Top]

Berapa Minimum Gaji untuk KPR?

Rumah Murah, Bandar Lampung - Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah cara membeli rumah dengan pembayaran cicilan. Namun, sebelum mengajukan KPR, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah memiliki penghasilan yang cukup untuk membayar cicilan KPR setiap bulannya.

Untuk upah minimum KPR, praktis tidak ada standar yang ditetapkan pemerintah. Tergantung kebijakan masing-masing bank atau lembaga keuangan yang menawarkan KPR. Namun secara umum, bank mempertimbangkan beberapa faktor seperti pendapatan, usia, pekerjaan, dan tanggungan lainnya sebelum menyetujui KPR. 



Mengapa Upah Minim begitu Penting?

Selain menjadi standar bagi Bank, Persyaratan upah minimum untuk pinjaman KPR dapat membantu debitur mengukur kelayakan kreditnya. Jangan sampai gaji calon terlalu rendah, sehingga saat menghitung pembayaran cicilan justru akan membuat bingung keadaan keuangan. Memang, jika gaji pemohon dianggap tidak memuaskan, tidak dapat dipungkiri pengajuan KPR akan ditolak pihak bank. Selain itu, status pelamar harus pegawai tetap. Hal ini dimaksudkan agar penghasilan tetap setiap bulan, sehingga dapat menunjang cicilan cicilan yang telah diperhitungkan. Namun, ini tidak berarti bahwa seorang pengusaha atau wiraswasta tidak dapat mengajukan KPR. Bahkan, saat ini ada program KPR untuk wiraswasta. Ini juga memiliki syarat dan ketentuannya sendiri.


Syarat dan Ketentuan Umum KPR

Setelah upah minimum, ada beberapa syarat lain yang harus dipenuhi saat mengajukan KPR, 

yaitu:

  • Menjadi Warga Negara Indonesia (WNI)

  • Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah

  • Usia maksimum adalah 55 tahun untuk karyawan dan 65 tahun untuk wiraswasta pada saat pembayaran angsuran

  • Fotocopy KTP, Kartu Keluarga dan Akte Nikah

  • Salinan laporan bank

  • Slip gaji untuk karyawan dan laporan keuangan untuk pemberi kerja

  • Surat keterangan kerja atau surat keterangan perusahaan.

Syarat dan ketentuan di atas bersifat umum. Setiap bank mungkin memiliki syarat dan ketentuannya sendiri. Oleh karena itu, Anda harus menghubungi bank pilihan Anda agar aplikasi atau pengajuan KPR Anda dapat diterima. 


Tips sebelum mengajukan KPR

  1. Pilih Bank yang Tepat 

Saat ini, banyak bank menawarkan program pinjaman KPR. Namun, pemilihan bank tidak bisa sembarangan. Anda harus memperhatikan keuntungan dari masing-masing KPR, syarat dan ketentuan, pilihan pengembang yang bekerja sama, dll. Jika Anda sudah menjadi nasabah bank, Anda hanya boleh mengajukan KPR di bank tersebut. 

  1. Persiapkan uang muka sesegera mungkin

Jika gaji Anda tidak terlalu tinggi, maka tabungan adalah solusi yang tepat untuk mengumpulkan simpanan. Bahkan saat Anda sedang menabung, Anda dapat membuat tabungan darurat untuk membayar lebih dari sekadar uang muka. Tidak ada ketentuan besaran uang muka, besarnya tergantung kemampuan pembeli rumah. Namun, agar pengajuan KPR lancar, Anda harus menganggarkan sekitar 30% dari total harga rumah sebagai uang muka (DP). 

  1. Pilih rumah sesuai dengan budget Anda

Meskipun KPR berguna untuk memudahkan pembelian rumah, bukan berarti pemohon dapat memilih rumah yang ingin dibelinya. Memilih rumah untuk KPR juga harus memperhatikan harga yang sesuai dengan keadaan keuangan. Anda dapat bertanya kepada bank Anda opsi perumahan mana yang menawarkan program hipotek. Ada banyak pilihan akomodasi murah berkualitas yang tersebar di berbagai lingkungan dan Anda bisa merujuknya. 



Dari kriteria di atas, dapat disimpulkan bahwa minimum gaji untuk KPR tidak bisa ditentukan secara pasti. Hal ini tergantung dari kebijakan bank serta kemampuan calon peminjam untuk membayar cicilan setiap bulannya. Oleh karena itu, sebaiknya calon peminjam melakukan simulasi cicilan KPR terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan finansial mereka sebelum mengajukan KPR.


No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]