Post Page Advertisement [Top]

Apa yang harus diperhatikan saat membeli rumah subsidi



Rumah Murah, Bandar Lampung-Apa itu rumah subsidi? Rumah subsidi adalah rumah yang memiliki harga jjual yang sangat terjangkau karena mendapatkan bantuan pembiyaan dari pemerintah.Seperti yang kita ketahui saat ini membeli rumah subsidi sangat banyak sekali peminatnya karena lebih terjangkau untuk banyak kalangan. Namun ada banyak hal yang harus dipahami jika Anda ingin hendak membeli rumah bersubsidi agar bisa mendapatkan unit yang berkualitas. Memilih rumah subsidi merupkan sebuah pilihan terbaik ditengah harga hunian yang semakin melambung tinggi. Terutama masyarakat kelas menengah bawah yang ingin memiliki rumah, maka perumahan bersubsidi ini merupakan pilihan yang paling masuk akal dan mereka mau. Dengan harga yang lebih erjangkau menjadi salah satu factor mengapa peminatnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Tetapi perlu diketahui juga bahwa harga rumah bersubsidi yang lebih murah akan turut berdampak terhadap kualitas bangunannya. Maka dari itu banyak hal yang harus diperhatikan saat hendak atau ingin membeli rumah subsidi agar rumah yang dipilih memiliki kualitas yang bak.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli rumah subsidi

  1. Persyaratan dan Kelayakan

Penting sekali untuk memehami persyaratan dan kelayakan untuk membeli rumah subsidi. Biasanya, rumah subsidi ini hanya dapat dibei oleh warga Negara Indonesia dan penduduk tetap Indonesia yang belum pernah memiliki rumah atau rumah dibawah standar. Selain itu ada juga kriteria penghasilan yang dapat memenuhi syarat untuk bisa membeli rumah subsidi. 

  1. Lokasi

Nah lokasi ini juga sangat diperlukan karena factor lokasi ini sangat penting dalam membeli rumah subsidi. Pastikan bahwa lokasi rumah sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Lalu periksa juga untuk keamanan dan aksesibilitas ke fasilitas umum seperti transportasi, sekolah dan pusat perbelanjaan. 

  1. Developer

Pastikan bahwa Anda membeli rumah subsidi dari developer yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik sekali. Kemudian selanjutnya memastikan bahwa developer telah mengantongi surat izin dari pemerintah dan mematuhi semua peraturan dan ketentuan yang berlaku. 

  1. Harga dan Biaya

Pastikan Anda memahami semua biaya yang terkait dengan pembelian rumah subsidi, termasuk biaya administrasi, biaya notaris, biaya pengecekan legalitas rumah dan biaya pendaftran. Selanjutnya memastikan Anda memperhitungkan biaya pemeliharaan dan renovasi rumah di masa depan. 

  1. Kondisi Rumah

Pastikan rumah subsidi yang Anda beli dalam kondisi yang baik. Periksa juga semua instalasi dan peralatan didalm rumah seperti listrik, air, kamar mandi, dapur dan pintu jendela. 

  1. Sertifikat dan Legalitas

Pastikan bahwa rumah subsidi yang Anda beli suah memiliki sertifikat yang sah dan lengkap. Pastikan juga bahwa semua dokumen legalitas terkait denganrumah subsidi sudah diurus dengan baik. 

  1. Proses Pembelian

Pastikan bahwa proses pembelian rumah subsidi dilakukan dengan benar dan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Pastikan juga bahwa Anda memahami seluruh proses pembelian hak-hak Anda sebagai pembeli.

  1. Jaminan dan garansi

Pastikan bahwa rumah subsidi yang Anda beli dilengkapi dengan jaminan dan garansi yang memadai. Pastikan juga bahwa Anda memahami garansi dan jaminan tersebut sehingga Anda bisa memanfaatkannya jika terjadi masalah dengan rumah subsidi di masa depan.

  1. Perjanjian Kontrak

Pastikan bahwa Anda memahami semua ketentuan dalam perjanjian kontrak pembelian rumah subsidi. Jangan ragu untuk bertanya jika ada hal yang tidak jelas atau tidak dimengerti.

Memperhatikan hal-hal di atas akan membantu Anda membuat keputusan yang bijak saat membeli rumah subsidi dan menghindari masalah di kemudian hari.


No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]